iklan banner

Jumat, 21 Juli 2023

 


WartaPemalang – Mahasiswa Tematik Universitas Diponego (Undip) saat ini sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Bojongnangka Kec.Pemalang.

 

Mereka melakukan Optimalisasi sampah untuk membatu masyarakat sekitar dalam menciptakan lingkungan yang sehat. Yakni dengan optimalisasi strategi Rumah Kompos.

 

Untuk diketahui, sebagian besar warga Desa Bojongnagka bermata pencaharian  sebagai petani. Karena itu, hadirnya rumah kompos  sangat menguntungkan sekali.

 

Keuntungan lainnya, lingkungan menjadi bersih dan dapat meminimalisir sampah-sampah organik yang dihasilkan dari rumah warga.Sebab sampah tersebut  diolah menjadi pupuk kompos organik.

 

Tidak hanya itu saja, manfaat lainnya adalah  Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dapat memanfaatkan untuk pemasukan tambahan.

 


" Alhamdulillah, rumah kompos kami pun mendapat perhatian dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pemalang," ujar Aiman.

 

Dalam KKN Tematik Undip ini ada 16 mahasiswa/i dari berbagai fakultas dengan Dr.Siti Fatimah, M.Kes  dan    Dr. Fahmi Arifan, S.T selaku Dosen Pembimbing Lapangan.

 

Tema dari KKN Tematik ini yaitu sendiri yaknin“ Optimalisasi Pengolahan Sampah di Desa Bojongnangka Sebagai Upaya Utilisasi Sampah Berkelanjutan”.

 

KKN Tematik ini dilaksanakan selama 42 hari yang dimulai pada tanggal 01 Juli hingga 11 Agustus 2023. Dengan waktu tersebut, mahasiswa diharapkan dapat membantu menangani permasalahan yang dihadapi oleh Pemerintahan Desa Bojonangka dalam menghadapi masalah Lingkungan.

 

Adapun salah satu program yang menarik dalam Optimalisasi Sampah ini, yaitu dengan Pembuatan Regulasi Desa Bojongnanka terkait pemanfaatan sampah dan sarana prasarana Desa Bojongnangka.

 


Kepalan Desa Bojongnangka Wahmu S.E belum lama ini mengatakan dengan adanya mahasiswa Tematik Undip yang KKN pihaknya merasa ter bantu.

 

" Masyarakat ikut terlibat dalam melakukan pemanfaatan sampah, sehingga pemerintah desa selaku pemangku kepentingan dapat mempermudah  dalam melakukan optimalisasi sampah," ujarnya.

 

Wahmu berharap dengan program ini dapat meningkatkan Upaya Utilisasi sampah berkelanjutan di Desa Bojonangka

 

(Che/Aiman)


HALO KONSUMEN

HALO KONSUMEN
Mari bersama menuju untuk menjadi konsumen yang cerdas dan mandiri "SAATNYA KONSUMEN BICARA" dan "BERANI LAPOR HEBAT" DENGAN PEDOMAN: LIHAT, LAWAN, LAPORKAN. dengan cara mengisi Form Pengaduan online. Terima kasih Salam Perlindungan Konsumen

Pengikut

Jadwal Sholat


jadwal-sholat

Categories

HUKUM

Bupati Pemalang Mansur Hidayat, ST

Bupati Pemalang Mansur Hidayat, ST

SELAMAT HARI JADI PEMALANG YANG KE 449

SELAMAT HARI JADI PEMALANG YANG KE 449

Selamat Hari Jadi Pemalang yang ke 449

Selamat Hari Jadi Pemalang yang ke 449

Penelusuran Hilangnya Saldo Milik KPM oleh LPKSM-YKM Pemalang

Serabi Likuran Desa Penggarit

Desa Jebed Utara Bagikan 956 Sertifikat Program PTSL Tahun 2021

Presiden Jokowi Akan Sederhanakan Proses Perizinan Usaha

ASPEK HUKUM PERJANJIAN DALAM HUKUM PERLINDUNGAN KONSUMEN

PENGERTIAN HAK DAN KEWAJIBAN PERLINDUNGAN KONSUMEN