iklan banner

Minggu, 02 April 2023

 


WartaPemalang–Salah satu pencegahan stunting adalah dengan Mawar Nyiteng ( Mae Waras Bayine Kenteng ). Yakni dengan gerakan  kawal minum tablet tambah darah ibu hamil yang sudah diimplementasikan oleh 25 Puskesmas di Kabupaten Pemalang.


 Plt. Bupati Pemalang, Mansur Hidayat menjelaskan, program Mawar nyiteng sendiri merupakan tindak lanjut dari program JATENG GAYENG NGINCENG WONG METENG) atau 5 NG, yaitu upaya pendampingan ibu hamil sampai melahirkan dengan selamat yang diprakarsai oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo sejak Tahun 2017.


Selain Mawar nyiteng, program lain yang dibuat Pemkab Pemalang untuk meminimalisir terjadinya potensi kasus stunting adalah “Jamilah Asiek” (Jaga ibu hamil sampai melahirkan dilanjutkan dengan ASI Eksklusif).


Berdasar hasil Suvei Status Gizi Indonesia (SSGI) Tahun 2022 mengalami penurunan yang luar biasa dari 24,7% pada Tahun 2021, sekarang turun menjadi 19,8%.


Hal tersebut berkat adanya kerja cerdas multisektor yang didalamnya melibatkan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.


Antararanya Bappeda, Dinkes Dinsos KBPP, Dinpermasdes, Dindikbud, DPU, Dispertan, Diskominfo, Kantor Kemenag Pemalang, Termasuk kader posyandu dan kader PKK serta petugas Puskesmas.


Upaya yang telah dilakukan Pemkab untuk mempercepat penurunan stunting yaitu mengaktifkan tim percepatan penurunan stunting dengan melaksanakan kegiatan rembuk stunting dari tingkat desa sampai dengan tingkat kabupaten.


Selanjutnya, mewajibkan desa agar mengalokasikan dana desa untuk kegiatan stunting, semua lintas sektoral agar melaksanakan kegiatan intervensi spesifik dan intervensi sensitif.


Audit kasus stunting dengan melibatkan lintas sektoral, tim ahli, organisasi profesi, organisasi kemasyarakatan dan dunia usaha, rujukan kasus stunting dari desa ke Puskesmas dan ke rumah sakit pemerintah dan swasta, melibatkan peran dunia usaha untuk peduli pada balita stunting dengan menjadi bapak asuh bagi balita stunting. 


Penentuan Desa lokasi khusus percepatan penurunan stunting agar mendapatkan intervensi spesifik dan intervensi sensitif yang lebih tajam, sampai 2024 nanti ada 80 Desa lokus stunting dan menetapkan target prevalensi stunting di Tahun 2024 adalah 9,5%. 


(Chaerun)


HALO KONSUMEN

HALO KONSUMEN
Mari bersama menuju untuk menjadi konsumen yang cerdas dan mandiri "SAATNYA KONSUMEN BICARA" dan "BERANI LAPOR HEBAT" DENGAN PEDOMAN: LIHAT, LAWAN, LAPORKAN. dengan cara mengisi Form Pengaduan online. Terima kasih Salam Perlindungan Konsumen

Pengikut

Jadwal Sholat


jadwal-sholat

Categories

HUKUM

Bupati Pemalang Mansur Hidayat, ST

Bupati Pemalang Mansur Hidayat, ST

SELAMAT HARI JADI PEMALANG YANG KE 449

SELAMAT HARI JADI PEMALANG YANG KE 449

Selamat Hari Jadi Pemalang yang ke 449

Selamat Hari Jadi Pemalang yang ke 449

Penelusuran Hilangnya Saldo Milik KPM oleh LPKSM-YKM Pemalang

Serabi Likuran Desa Penggarit

Desa Jebed Utara Bagikan 956 Sertifikat Program PTSL Tahun 2021

Presiden Jokowi Akan Sederhanakan Proses Perizinan Usaha

ASPEK HUKUM PERJANJIAN DALAM HUKUM PERLINDUNGAN KONSUMEN

PENGERTIAN HAK DAN KEWAJIBAN PERLINDUNGAN KONSUMEN