iklan banner

Sabtu, 22 April 2017



Warta Pemalang, Ketua Lembaga Perlindungan Konsumen LPKSM-YKM Pemalang saat berkunjung ke PT. Blue Star Anugrah (PT. BSA) yang ber alamat di Desa Saradan Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang (01/02/2017), tak di ijinkan masuk ke area PT tersebut.

Prayitno yang di dampingi oleh beberapa teman awak media bermaksud melaksanakan tugas yang di embannya yaitu melakukan pengawasan atas kegiatan usaha PT. BSA.
Kegiatan ini dilakukan atas dasar pengaduan dan laporan secara lisan dari beberapa masyarakat terkait ada bau yang kurang sedap dari kegiatan usaha PT tersebut. sayangnya pada saat itu hanya perwakilannya yang menemui ketua LPKSM-YKM Pemalang itupun diluar pintu gerbang.

Undang-undang no 8 tahun 1999 tentang perlindungan Konsumen dan Peraturan Pemerintah No 59 tahun 2001 tentang LPKSM membebani tugas kepada Lembaga Perlindungan Konsumen LPKSM-YKM Pemalang untuk menyelenggarakan Perlindungan Konsumen di seluruh wilayah Republik Indonesia dan melakukan Pengawasan terhadap Pelaku Usaha Barang dan/atau Jasa dengan cara Penelitian, Penyelidikan dan/atau survey.

Hal semacam ini seharusnya tidak boleh terjadi dan tidak boleh dilakukan oleh Pelaku usaha karena menurut  Peraturan Menteri Perdagangan No. 20/M-DAG/PER/5/2009 tentang Ketentuan dan Tata Cara Pengawasan Barang dan/atau Jasa:
Pasal 4 ayat (6):
“Pelaku Usaha wajib memberikan informasi dan data pendukung yang diperlukan oleh PPBJ, PPNS-PK, dan/atau petugas pengawas yang ditunjuk dalam rangka pengawasan: barang dan/atau jasa yang beredar di pasar, barang yang dilarang beredar di pasar, barang yang diatur tata niaganya, perdagangan barang-barang dalam pengawasan dan distribusi”
Pasal 45:
Pelaku usaha yang melanggar ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 ayat (6), Pasal 36, atau Pasal 39, dikenakan sanksi administratif berupa:
a.    pencabutan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) oleh pejabat penerbit SIUP; atau
b.    pencabutan perizinan teknis lainnya oleh pejabat berwenang.

Menutup perbincangannya dengan Warta Pemalang, Prayitno mengatakan bahwa sampai saat ini sudah lebih dari 2 bulan pihak PT. BSA tidak ada komunikasi apapun baik langsung maupun via telepon, padahal saat kunjungannya ke PT tersebut dirinya telah memberikan Form atau blangko yang harus di isi oleh PT. BSA.

Karena sudah mengabaikan,  Ketua LPKSM-YKM Pemalang akan segera membuat Resume dan laporan ke Unit kerja dan Dinas terkait untuk segera melakukan kewajibannya sesuai petunjuk Peraturan Perundangan yang berlaku. (tim WP)

1 komentar:

  1. STATUS PERUSAHAAN JALUR HIJAU 

    Dengan hormat,

    Kami dari PT. Arthamindo Karga Internasional, sebagai Perusahaan Jasa Kepabeanan yang menangani Customs Clearance Import via Bandara Maupun pelabuhan seluruh nusantara. Dan menyewakan Undername bagi Consigne yang belum lengkap untuk persyaratan dan izin importnya. Keterangan tambahan :1.     Surat Registrasi Pabean ( NIK )2.     Angka Pengenal Importir ( API )3.     N P I K ( Mainan, Elektronic, Garmen, Sepatu dan Peralatan kaki lainnya )4.     IT ( Besi Baja, Mainan, Elektronic, Garmen, Sepatu dan Peralatan kaki -        lainnya )5.     NPWP, SIUP, TDP & Akte Notaris6.     Kadin & Others Sub Bidang7.     Pengurusan Izin SIUP JPT8.     Pengurusan Izin Sucopindo ( LS )9.     Pengurusan Izin Label SNI ( Berbahasa Indonesia )10.   Pengurusan Izin BPOM11.   Pengurusan SNI12.   Pengurusan Izin & Limbah Pabrik B3, B1, B2 & Izin Oprasionalnya13.   Pengurusan Surat Izin Lainnya Product dan Service kami antara lain :
    1.     Sea and Air Cargo Service2.     Import Customs Clearence Service3.     International Courier Service4.     Domestic Service5.     Consigne / Undername
    6.     Borongan ( All-In )
    7.     Door to Door Services
    8.     Faktur Pajak PPn Lokal 

    Demikianlah Penawaran Jasa ini kami ajukan, atas perhatian dan kerjasamanya yang baik kami ucapkan terima kasih.

     Hormat Kami
    putra+62812 1125 2255
    PT. Arthamindo Karga Internasional
    IEC Building Suite 103
    Jln. Jatinegara Barat No. 166H 13330 - IndonesiaPhone : 62+21 : 2982 7615Fax     : 62+21 : 2982 7616www.arthamindo.com
    email :info.akilogistics@gmail.com

    BalasHapus

HALO KONSUMEN

HALO KONSUMEN
Mari bersama menuju untuk menjadi konsumen yang cerdas dan mandiri "SAATNYA KONSUMEN BICARA" dan "BERANI LAPOR HEBAT" DENGAN PEDOMAN: LIHAT, LAWAN, LAPORKAN. dengan cara mengisi Form Pengaduan online. Terima kasih Salam Perlindungan Konsumen

Jadwal Sholat


jadwal-sholat

Categories

HUKUM

Bupati Pemalang H. Junaedi

Bupati Pemalang H. Junaedi
"Pertahankanlah Budi Pekerti sebagai jati diri bangsa kita karena sifat inilah warisan leluhur bumi Nuswantoro sejak ribuan tahun yang lampau. supaya kita menjadi orang yang utama berbudi pekerti luhur"

Desa Temuireng Bagi BLT

Disdukcail Bagi2 masker Senin 20 April 2020

Mengenal lebih dekat Warta Pemalang

Bupati Pemalang H. Junaedi Resmikan Bendungan Desa Pesucen

Satuan Res Narkoba Polres Pemalang Ciduk Tiga Orang Pengedar Narkoba