iklan banner

Sabtu, 24 April 2021

 

Warta Pemalang - Talas Beneng adalah jenis talas, dengan batang dalam berwarna kuning daun lebar tebal, kini mulai dilirik dan dibudidayakan diwilayah Pemalang selatan, kini jenis talas ini, mulai dipemasarkan  hingga keluar negeri .


Talas ini mulai dibudidayakan dengan dipanen mulai dari daunya diolah menjadi daun kering dikemas kemudian diekspor ke luar negeri,


Tempat pengolahan Daun talas sementara ini berada di Desa Banjaranyar Kecamatan Randungkal kabupaten Pemalang


Daunnya diolah dengan diangin-anginkan terlebih dahulu, hingga berwarna kuning kemudian diiris tipis-tipis seperti tembakau kemudian dijemur dan  dikemas untuk diekspor ke luar negeri.


Untuk sementara tempat pengolahan menampung hasil dari para pencari daun di hutan dan tanaman liar yang belum dibudidayakan namun kini sudah ratusan hektar talas jenis ini ditanam oleh petani diwilayah Pemalang selatan.


Jenis tanaman tales Beneng ini mulai di tanam dan dibudiyakan dibawah tanaman tegakan perhutani diwilayah Desa Wisnu Kecamatan Watukumpul Pemalang selatan.


" Saya sudah menanam jenis talas Beneng ini seluas 140 Hektar dilahan milik perhutani , karena tanaman jenis ini bisa ditanam dibawah tegakan jadi tidak menggangu tanaman milik perhutani.


Malah sebaliknya,menguntungkan bagi tanaman milik perhutani karena talas ini diberi pupuk,  jadi jenis tanaman kayu keras tanaman milik perhutani ikut terkena pupuk dari tanaman talas milik warga.


Dan kedepannya akan kami perluas penanamannya sehingga meningkatkan hasil produksi tanaman, pungkas Suyatno ketua LMDH, kecamatan Watukumpul kepada awak media, saat  penanaman talas Beneng Minggu (18/4/2021).


Suyatno, mengatakan bahwa penanaman talas hingga ratusan hektar ini, hasil swadaya warga tampa bantuan dari pemerintah tegas Suyatno.


Masih pungkas Suyatno, kami  akan melanjutkan perjanjian kerjasama dan penandatanganan PKS , dengan perhutani terkait bumi perkemahan mentek dan juga memperluas penanaman talas.


Penulis : S.Roto

Editor    : P. Capri



0 komentar:

Posting Komentar

HALO KONSUMEN

HALO KONSUMEN
Mari bersama menuju untuk menjadi konsumen yang cerdas dan mandiri "SAATNYA KONSUMEN BICARA" dan "BERANI LAPOR HEBAT" DENGAN PEDOMAN: LIHAT, LAWAN, LAPORKAN. dengan cara mengisi Form Pengaduan online. Terima kasih Salam Perlindungan Konsumen

Jadwal Sholat


jadwal-sholat

Categories

HUKUM

Bupati Pemalang

Bupati Pemalang

Selamat Idul Fitri, Oleh Bupati dan Wakil Bupati Pemalang

Selamat Idul Fitri Oleh Sekda Pemalang

Selamat Idul Fitri, Oleh Ketua DPRD Kab. Pemalang

Selamat Idul Fitri, Oleh Kapolres Pemalang

selamat Idul Fitri Oleh Dandim 0711/Pemalang