iklan banner

Senin, 18 September 2017


Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita/Foto Andika/Nusantaranews
Warta Pemalang - Kementerian Perdagangan mulai serius untuk lebih memperhatikan perlindungan terhadap konsumen. Menurut Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita keberpihakan terhadap konsumen merupakan suatu yang wajib dan mutlak.

“Untuk itulah kita sudah mengeluarkan peraturan menteri perdagangan yang menyamakan itu tujuannya untuk perlindungan konsumen. Keberpihakan kita kepada konsumen sesuatu yang wajib dan mutlak,” ujar Enggar dalam acara Sinkronisasi Kebijakan Bidang Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga di Hotel Aryaduta, Jakarta, Senin (18/9/2017).

Namun, dalam keberpihakan terhadap konsumen diperlukan peran aktif dari pemerintah daerah (Pemda). Pasalnya Indonesia memiliki wilayah yang sangat luas sehingga sangat sulit jika pemerintah pusat hanya mengawasi sendiri.

“Kami sungguh mengharapkan kerjasama saudara yang ada di ujung tombak. Pemerintah pusat tidak mungkin menjangkau yang ada di pelosok. Oleh karenanya saya minta itu bapak di kabupaten kota membantu untuk meningkatkan kepekaan yang menganggu hak hak konsumen,” ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN) Syahrul Mamma menyebutkan tujuan diadakannya acara adalah untuk meningkatkan koordinasi dan menyamakan persepsi dalam.menyelenggarakan upaya perlindungan konsumen dan tertib niaga. Melalui kegiatan ini diharapkan pemerintah daerah dapat lebih memahami kebijakan-kebijakan yang berlaku di bidang perlindungan dengan konsumen.

“Tujuan kegiatan untuk meningkatkan pemahaman dan kesamaan persepsi antara Pemerintah pusat dengan pemerintah daerah,” kata Syahrul.

Dalam acara tersebut turut dihadiri oleh para Kepala Dinas yang membidangi perdagangan dari 34 provinsi di Indonesia. Diharapkan dengan hadirnya perwakilan dari setiap provinsi di Indonesia ini bisa menjadi makin memperkuat dalam pengawasan terkait perlindungan konsumen.

Sebagai informasi, Sinkronisasi Kebijakan Bidang Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga merupakan agenda tahunan yang mengundang kepala dinas provinsi menangani bidang perdagangan. Tema kegiatan tahun ini adalah Implementasi Strategi Nasional Perlindungan Konsumen (STRANAS-PK) dan Rencana Aksi Nasional Perlindungan Ko Sumenep (RAN-PK) dalam mewujudkan Konsumen Cerdas.Acara berlangsung selama dua hari yakni pada tanggal 18 dan 19 September 2017.

(sumber - Ricard Andhika nusantaranews.co)

0 komentar:

Posting Komentar

HALO KONSUMEN

HALO KONSUMEN
Mari bersama menuju untuk menjadi konsumen yang cerdas dan mandiri "SAATNYA KONSUMEN BICARA" dan "BERANI LAPOR HEBAT" DENGAN PEDOMAN: LIHAT, LAWAN, LAPORKAN. dengan cara mengisi Form Pengaduan online. Terima kasih Salam Perlindungan Konsumen

Jadwal Sholat


jadwal-sholat

Categories

HUKUM

Bupati Pemalang H. Junaedi

Bupati Pemalang H. Junaedi
"Pertahankanlah Budi Pekerti sebagai jati diri bangsa kita karena sifat inilah warisan leluhur bumi Nuswantoro sejak ribuan tahun yang lampau. supaya kita menjadi orang yang utama berbudi pekerti luhur"

Desa Temuireng Bagi BLT

Disdukcail Bagi2 masker Senin 20 April 2020

Mengenal lebih dekat Warta Pemalang

Bupati Pemalang H. Junaedi Resmikan Bendungan Desa Pesucen

Satuan Res Narkoba Polres Pemalang Ciduk Tiga Orang Pengedar Narkoba