iklan banner

Jumat, 23 Juni 2023

 


WartaPemalang – Kabupaten Pemalang dinilai berhasil dalam penanggulangan kemiskinan ekstrim karena dapat menurunkan dari 9 % pada tahun sebelumnya kasus kemiskinan ekstrim di Kabupaten Pemalang kini menjadi 2,78% atau 33 ribu kepala keluarga.


Plh Bupati Pemalang Moh Sidik usai mengikuti Zoom meeting Evaluasi Pelaksanan dan Percepatan Intervensi Penanggulangan Kemiskinan Ekstrim (PKE) bersama Gubernur Jawa Tengah mengatakan angka ini dari tahun ke tahun secara bertahap semakin menurun dan ditargetkan menjadi 0% pada Tahun 2024 mendatang.


“Warga miskin tersebut tersebar di 25 desa di Kabupaten Pemalang,” beberapa waktu lalu.


Sidik menambahkan delapan pelayanan dasar itu digunakan untuk mengukur angka kemiskinan ekstrim secara global.


Delapan pelayanan dasar ini yang mempengaruhi ekstrem atau tidak ekstrem kemiskinan di Kabupaten Pemalang. Untuk itu pihaknya melakukan upaya intervensi terhadap 8 layanan dasar tersebut.


Delapan layanan dasar ini yakni, Rumah Tangga Layak Huni (RTLH), air, listrik, jamban, anak tidak sekolah ( ATS), disabilitas, Stunting, dan pengangguran.


Dalam kesempatan itu Sidik memberikan contoh bentuk intervensi yang dilakukan terhadap delapan layanan dasar guna tercapainya target PKE di wilayahnya.


Misalnya upaya intervensi terhadap layanan dasar RTLH dilakukan melalui APBD provinsi, APBD Kabupaten, Baznas maupun dari CSR.


“Mudah mudahan nanti semakin tahun semakin bagus artinya bisa teratasi lah RTLH,” harapnya.


Kemudian layanan dasar lain seperti disabilitas setelah dilakukan upaya intervensi sudah bisa teratasi semua.


Disabilitas sudah terintervensi semua kemudian yang layanan air juga sedang melakukan intervensi melalui APBD provinsi, kabupaten dan PDAM, kemudian jamban tinggal sedikit


Selain itu, Pemkab juga melakukan program – program terobosan dalam rangka tercapainya target 0% pada Tahun 2024.


“Jadi sekarang sedang kita target per tahunnya harus selesai sekian secara bertahap sehingga pada 2024 nanti diharapkan bisa sesuai target 0%. Kalau program terobosan seperti satu guru satu ATS misalnya seperti itu,” imbuhnya didampingi Kepala Bappeda Sudjarwo dan Plt Kepala Dinsos KBPP Kabupaten Pemalang Rosi Kartika Dewi.


( Chaerun)


HALO KONSUMEN

HALO KONSUMEN
Mari bersama menuju untuk menjadi konsumen yang cerdas dan mandiri "SAATNYA KONSUMEN BICARA" dan "BERANI LAPOR HEBAT" DENGAN PEDOMAN: LIHAT, LAWAN, LAPORKAN. dengan cara mengisi Form Pengaduan online. Terima kasih Salam Perlindungan Konsumen

Pengikut

Jadwal Sholat


jadwal-sholat

Categories

HUKUM

Bupati Pemalang Mansur Hidayat, ST

Bupati Pemalang Mansur Hidayat, ST

SELAMAT HARI JADI PEMALANG YANG KE 449

SELAMAT HARI JADI PEMALANG YANG KE 449

Selamat Hari Jadi Pemalang yang ke 449

Selamat Hari Jadi Pemalang yang ke 449

Penelusuran Hilangnya Saldo Milik KPM oleh LPKSM-YKM Pemalang

Serabi Likuran Desa Penggarit

Desa Jebed Utara Bagikan 956 Sertifikat Program PTSL Tahun 2021

Presiden Jokowi Akan Sederhanakan Proses Perizinan Usaha

ASPEK HUKUM PERJANJIAN DALAM HUKUM PERLINDUNGAN KONSUMEN

PENGERTIAN HAK DAN KEWAJIBAN PERLINDUNGAN KONSUMEN