iklan banner

Rabu, 05 April 2023

 


WartaPemalang–Nah, masyarakat ngga perlu khawatir. Saat ini barang kebutuhan pokok masyarakat (Kepokmas) terutama produk daging dinyatakan layak dan aman untuk dikonsumsi masyarakat.


Hal ini, berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi keamanan pangan menjelang Idul Fitri 1444 H oleh Tim monev setempat, di Pasar Comal dan pasar Pagi Pemalang, Selasa (4/4/2023).


Medik Veteriner Muda dokter hewan Khabis Faizal mengatakan hasil pemeriksaan menggunakan alat ukur kadar air daging menunjukkan kandungan air yang baik tidak melebihi 80 % di semua produk daging yang dijual di pasar tradisional tersebut.


Semua yang kita periksa daging kambing, ayam dan sapi semuanya bagus dengan parameter kadar air yang tidak melebihi 80%. Selain itu potongan pada daging ayam untuk memastikan potongannya sudah memenuhi syarat halal.


“Sudah memenuhi syarat halal ada tiga yakni terputusnya saluran makanan, saluran nafas dan saluran darah dan itu sudah tercukupi semua,” kata Khabis.


Tim Monev Keamanan Pangan juga melakukan pemeriksaan harga dan stok barang Kepokmas untuk persiapan hari raya Idul Fitri.


Hasil monev di dua pasar tradisional maupun di tingkat distributor tersebut semua harga barang Kepokmas cenderung stabil dan tidak ada perubahan harga yang signifikan. Stok barang Kepokmas juga masih aman hingga untuk kebutuhan lebaran 2023.


Untuk diketahui keamanan pangan merupakan upaya untuk mencegah pangan dari kemungkinan tiga cemaran yakni cemaran biologis, kimia, dan benda lain yang dapat menggangu, merugikan dan membahayakan kesehatan manusia sehingga aman untuk dikonsumsi.


(Chaerun)


HALO KONSUMEN

HALO KONSUMEN
Mari bersama menuju untuk menjadi konsumen yang cerdas dan mandiri "SAATNYA KONSUMEN BICARA" dan "BERANI LAPOR HEBAT" DENGAN PEDOMAN: LIHAT, LAWAN, LAPORKAN. dengan cara mengisi Form Pengaduan online. Terima kasih Salam Perlindungan Konsumen

Pengikut

Jadwal Sholat


jadwal-sholat

Categories

HUKUM

Bupati Pemalang Mansur Hidayat, ST

Bupati Pemalang Mansur Hidayat, ST

SELAMAT HARI JADI PEMALANG YANG KE 449

SELAMAT HARI JADI PEMALANG YANG KE 449

Selamat Hari Jadi Pemalang yang ke 449

Selamat Hari Jadi Pemalang yang ke 449

Penelusuran Hilangnya Saldo Milik KPM oleh LPKSM-YKM Pemalang

Serabi Likuran Desa Penggarit

Desa Jebed Utara Bagikan 956 Sertifikat Program PTSL Tahun 2021

Presiden Jokowi Akan Sederhanakan Proses Perizinan Usaha

ASPEK HUKUM PERJANJIAN DALAM HUKUM PERLINDUNGAN KONSUMEN

PENGERTIAN HAK DAN KEWAJIBAN PERLINDUNGAN KONSUMEN