iklan banner

Kamis, 09 Maret 2023

 


Warta Pemalang – Saat ini Kabupaten Pemalang mempunyai tenaga migran terutama dalam sektor perikanan terkait dengan ABK yang luar biasa, namun terkendala bahasa dan ketrampilan.


Kaitan hal itu, Kamis (9/3/2023) Olt Bupati Pemalang Mansur Hidayat,ST  menerima kunjungan audiensi Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) di Rumah Dinas Wakil Bupati,


Nampak hadir dalam audiensi Deputi Penempatan dan Perlindungan Kawasan Amerika dan Pasifik, Lasro Simbolon bersama jajarannya.


Lasro Simbolon mengatakan kunjungan ini bertujuan meningkatkan sinergi antara BP2MI, Pemerintah Daerah, Pemerintah Provinsi hingga Kementrian Luar Negeri.


Sebab, Gubernur Jawa Tengah ada  MoU dengan kita diantara 35 Kab/Kota, 12 Bupati yang salah satunya dengan Pemalang.


 " Bapak(gubernur-red) ini betul-betul peduli dengan ABK kita,” ujar Larso

 

 Lasro menandaskan  Kabupaten Pemalang merupakan daerah yang banyak memiliki pekerja migran dalam sektor perikanan. ABK Pemalang banyak  bekerja di luar negeri dengan gaji lumayan, namun masih ada nasib ABK yang kurang menguntungkan.


Bukan hanya itu, ABK ada yang bekerja di tempat yang tidak jelas, misal yang rekrut perusahaan Korea, ikut kapal Taiwan dan beroperasi di laut lepas New Zaeland, inilah tugas kita Pemerintah dan perlunya kolaborasi kita dengan Pemda, Polri dan TNI.


Semenyara itu, Mansur menyambut baik kedatangan BP2MI karena ini merupakan kepedulian dan perhatian kepada masyarakat Pemalang .


Diketahui ABK dari Pemalang sangat banyak yang bekerja di perkapalan. Jadi,  Pemkab Pemalang menerima dengan baik apabila ada MoU atau kerjasama perlindungan pekerja migran saya siap tentu teknisnya melalui Disnaker.


“Kita masih terkendala keterampilan dan bahasa namun beberapa waktu lalu sudah bekerjasama dengan lembaga-lembaga terkait, 


" Harapannya saya saat mereka berangkat sudah siap dengan keterampilan, bahasa dan mental,” katanya.


Hal.lainnya, Mansur berharap dalam kurun waktu setahun dua tahun uang terkumpul bisa melakukan usaha didaerahnya dan bisa mandiri.


Kegiatan audiensi ini merupakan proses awal pembentukan MoU perlindungan pekerja migran antara BP2MI dengan Pemerintah Kabupaten Pemalang, selanjutnya tim dari BP2MI akan menemui para pekerja dan perusahaan terkait di Kabupaten Pemalang.


(Chaerun)


HALO KONSUMEN

HALO KONSUMEN
Mari bersama menuju untuk menjadi konsumen yang cerdas dan mandiri "SAATNYA KONSUMEN BICARA" dan "BERANI LAPOR HEBAT" DENGAN PEDOMAN: LIHAT, LAWAN, LAPORKAN. dengan cara mengisi Form Pengaduan online. Terima kasih Salam Perlindungan Konsumen

Pengikut

Jadwal Sholat


jadwal-sholat

Categories

HUKUM

Bupati Pemalang Mansur Hidayat, ST

Bupati Pemalang Mansur Hidayat, ST

SELAMAT HARI JADI PEMALANG YANG KE 449

SELAMAT HARI JADI PEMALANG YANG KE 449

Selamat Hari Jadi Pemalang yang ke 449

Selamat Hari Jadi Pemalang yang ke 449

Penelusuran Hilangnya Saldo Milik KPM oleh LPKSM-YKM Pemalang

Serabi Likuran Desa Penggarit

Desa Jebed Utara Bagikan 956 Sertifikat Program PTSL Tahun 2021

Presiden Jokowi Akan Sederhanakan Proses Perizinan Usaha

ASPEK HUKUM PERJANJIAN DALAM HUKUM PERLINDUNGAN KONSUMEN

PENGERTIAN HAK DAN KEWAJIBAN PERLINDUNGAN KONSUMEN